LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
REHAB RUANG KELAS BELAJAR
MADRASAH IBTIDAIYAH GETASBLAWONG
TAHUN ANGGARAN 2009
YAYASAN PENDIDIKAN MI AL MA’ARIF
DESA GETASBLAWONG
Jl. UTAMA No. 31
KOP YAYASAN/MADRASAH
Kepada
Yth. Kepala kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Jawa Tengah
c.q. Kepala Bidang Mapenda
Semarang
Surat Pengantar
Nomor : ……………..
NO |
Jenis Surat |
Lampiran |
Keterangan |
1
|
Laporan Pertanggungjawaban Bantuan Rehab Ruang Kelas Belajar Tahun 2009 |
1 bendel |
Dikirim untuk memenuhi akuntabilitas |
Kendal, 31 Desember 2009
Kepala Madrasah
………………………………………..
KOP MADRASAH
Nomor : / / / 2009 Kendal, 5 Januari 2010
Lamp. : 1 bendel
Perihal : Laporan Pertanggungjawaban
Rehab Ruang Kelas Belajar MI
Kepada
Yth. Kakanwil Depag Prov. Jateng
c.q. Kabid Mapenda
di Semarang
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kepala Madrasah Ibtidaiyah ………. Desa …….. kec…….. Kabupaten Kendal melaporkan realisasi penggunaan bantuan rehab ruang kelas belajar MI tahun anggaran 2009 sebesar Rp. 91.500.000 (Sembilan puluh satu juta lima ratus ribu rupiah). Berdasarkan DIPA Kanwil Depag Prov. Jawa Tengah Nomor : 0018.0/025-01/XIII/2009 tanggal 31 Desember 2008
Pelaksanaan kegiatan rehabilitasi ruang kelas belajar MI…….. sudah dilaksanakan sesuai peruntukannya, berikut ini kami lampirkan pertanggungjawaban penggunaan dana bantuan rehab ruang kelas belajar beserta bukti fisik berupa nota, kuitansi dan foto
Demikian laporan ini kami sampaikan untuk menjadikan periksa, selanjutnya kami ucapkan banyak terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Mengetahui Kepala
Komite MI………….. MI……………
————————– ———————–
KOP MADRASAH
Nomor :
Lampiran :
Perihal : Pemberitahuan penerimaan bantuan
Yth. Kepala Kanwil Departemen Agama Provinsi Jawa Tengah
u.p. Kepala Bidang Mapenda
Sehubungan dengan pelaksanaan pemberian bantuan rehab ruang kelas belajar tahun anggaran 2009, dengan ini kami beritahukan dengan hormat bahwa bantuan rehab ruang kelas untuk madrasah kami sebesar Rp……. (……) telah kami terima pada tanggal …………..
bersama ini kami lampirkan foto copi saldo terakhir rekening madrasah kami sebagai bukti penerimaan dana subsidi dimaksud, selanjutnya kami akan segera melaksanakan kegiatan rehabilitasi ruang kelas belajar sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan dalam Surat Perjanjian Pemberian Bantuan
Demikian pemberitahuan kami, atas perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih
…………………….., Nopember 2009
Kepala Madrasah
———————
BERITA ACARA
PEMILIHAN DAN PEMBENTUKAN PANITIA REHAB RUANG KELAS BELAJAR
MADRASAH IBTIDAIYAH ………………………………..
Nomor : ……………………………
Pada hari ini……………..tanggal ……………bulan…………… tahun dua ribu Sembilan ( – -2009), kami yang bertanda tangan di bawah ini, melalui forum musyawarah pemilihan dan pembentukan panitia rahabilitasi Madrasah………………….., bertempat di ……………… Yang dihadiri pihak madrasah, komite madrasah dan anggota masyarakat sebanyak……………. Orang (daftar hadir terlampir) dengan ini menyatakan bahwa :
Panitia rehabilitasi telah dipilih secara musyawarah dengan penuh tanggung jawab serta tanpa tekanan dari pihak manapun.
Dari hasil musyawarah tersebut, ditetapkan bahwa :
NO |
NAMA |
ALAMAT |
JABATAN |
UNSUR DARI |
TANDA TANGAN |
1 |
|
|
Ketua |
Wakil Kamad/Ketua Komite Madrasah |
|
2 |
|
|
Sekretaris |
Guru/komite |
|
3 |
|
|
Bendahara |
Guru |
|
4 |
|
|
Anggota |
Masyarakat |
|
5 |
|
|
Anggota |
masyarakat |
|
Kami yang bertanda tangan selaku panitia rehabilitasi madrasah…………………… dengan ini menyatakan :
1. Sanggup untuk melaksanakan rehabilitasi ruang kelas, serta menggalang partisipasi masyarakat dalam rangka peningkatan mutu pendidikan
2. Bertanggungjawab terhadap pelaksanaan rehabilitasi ruang kelas, secara transparan dengan memberikan informasi secara terbuka melalui rapat dan papan pengumuman baik secara insidentil maupun berkala
3. Tidak memberikan kepada pihak manapun dan tidak menggunakan uang subsidi rehabilitasi ruang kelas diluar ketentuan yang berlaku.
Demikian berita acara ini dibuat untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya
……………………………, 2009
Ketua Panitia rehabilitasi Madrasah
…………………………………………..
NIP.
DAFTAR HADIR RAPAT
PEMBENTUKAN PANITIA REHABILITASI RUANG KELAS
MADRASAH IBTIDAIYAH…………………………
HARI/TGL :
WAKTU :
TEMPAT :
NO |
NAMA |
UNSUR DARI |
ALAMAT |
TANDA TANGAN |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
dst. |
|
|
|
|
Kendal, Oktober 2009
Kepala MI ………………
KOP MADRASAH
KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH………….
Nomor :……………..
TENTANG
PENETAPAN PANITIA REHAB RUANG KELAS MADRASAH IBTIDAIYAH
Kepala Madrasah ……………….
Menimbang : |
a. |
Bahwa dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di tingkat madrasah diperlukan ruang kelas belajar dan peningkatan sarana yang memadai. |
|
b. |
Bahwa untuk memenuhi ruang kelas belajardiperlukan rehabilitasi ruang kelas belajar melalui dana APBN lewat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam |
|
c. |
Bahwa pelaksanaan rehabilitasi ruang kelas belajar dilakukan secara swakelola oleh panitia rehabilitasi Madrasah |
|
d. |
Bahwa nama-nama yang tecantum dalam daftar lampiran keputusan ini dipandang mampu untuk melaksanakan tugas dimaksud |
Mengingat : |
a. |
Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional |
|
b. |
Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasioanl Pendidikan |
|
c. |
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 044/U/2002 tahun 2002 tentang Komite Sekolah dan Dewan Pendidikan |
|
d. |
Berita Acara Pemilihan dan Pembentukan Panitia Rehabilitasi Madrasah No… |
MEMUTUSKAN
Menetapkan :
Pertama |
: |
Mengangkat yang namanya tercantum dalam kolom 2 dengan unsur dalam kolom 3 dan jabatan dalam kolom 4 lampiran keputusan ini sebagai Panitia Rehabilitasi Madrasah |
Kedua |
: |
Tugas Panitia Rehabilitasi Madrasah adalah memilih dan menetapkan serta memberi pengarahan kepada pelaksana/pengawas, menandatangani surat perjanjian , menggalang dana partisipasi masyarakat serta membuat lapoan keuangan dan pelaksanaan kegiatan |
Ketiga |
: |
Kegiatan rehabilitasi ruang kelas belajar dibiayai oleh dana APBN dalam DIPA Kanwil Departemen Agama Provinsi Jawa Tengah tahun Anggaran 2009 |
Keempat |
: |
Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan dan berakhir setelah seluruh kegiatan rehabilitasi ruang kelas belajar selesai dilaksanakan |
kelima |
: |
Apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan dalam keputusan ini maka akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya |
Ditetapkan di……………
Pada tanggal : Oktober 2009
Kepala Madrasah…..
Lampiran : Surat Keputusan Kepala MI…………….. Nomor : ….…. Tentang penetapan Panitia Rehab Ruang Kelas MI……..
NO |
NAMA |
ALAMAT |
JABATAN |
UNSUR DARI |
1 |
|
|
Ketua |
Wakil Kamad/Ketua Komite Madrasah |
2 |
|
|
Sekretaris |
Guru/komite |
3 |
|
|
Bendahara |
Guru |
4 |
|
|
Anggota |
Masyarakat |
5 |
|
|
Anggota |
masyarakat |
dst. |
|
|
|
|
Ditetapkan di……………
Pada tanggal : Oktober 2009
Kepala Madrasah…..
————————
RINGKASAN KEGIATAN
REHAB RUANG KELAS BELAJAR MI…….
TAHUN 2009
1. Nama Kegiatan : Rehabilitasi Ruang Kelas Belajar MI…….
2. Lokasi : MI…………….. Desa, Kec, Kab.
3. Sumber dana : swadaya Masyarakat : Rp.
DIPA Kanwil Depag : Rp. 91.500.000,-
—————————————————————–
Jumlah : Rp. 91.500.000,-
4. Waktu pelaksanaan :
a. 1 Nopember 2009
b. 31 Desember 2009
5. Pelaksana : Panitia Rehabilitasi Ruang Kelas Belajar MI……….
6. Panitia Pelaksana :
NO |
NAMA |
ALAMAT |
JABATAN |
UNSUR DARI |
1 |
|
|
Ketua |
Wakil Kamad/Ketua Komite Madrasah |
2 |
|
|
Sekretaris |
Guru/komite |
3 |
|
|
Bendahara |
Guru |
4 |
|
|
Anggota |
Masyarakat |
5 |
|
|
Anggota |
masyarakat |
dst. |
|
|
|
|
Kendal, Oktober 2009
Kepala Madrasah…..
————————
TIME SCHEDULE
Nama Kegiatan :….
Desa :
Kecamatan :
Kabupaten :
I. Minggu Pertama
1…..
2…..
3…..
II. Minggu Kedua
1…..
2…..
3….
III. Minggu Ketiga
1….
2…..
3….
IV. Minggu Keempat
1…
2…
3…
V. Minggu Kelima
VI. Minggu Keenam
VII. Minggu Ketujuh
VIII. Minggu Kedelapan
Kendal, Oktober 2009
Kepala Madrasah…..
————————
LAPORAN MINGGUAN |
|
Pekerjaan : Rehabilitasi ……… Lokasi : Jl….. Desa…………. Kec. ……………… Kab./kota…… Provinsi………… |
Nomor : ………………….. Minggu ke : …………………. Tanggal : …… s.d. …….. |
Biaya Rehabilitasi :……
Mulai tanggal :…..
Penyerahan tanggal : …..
NO |
Jenis Pekerjaan |
Bobot pekerjaan % |
Tingkat Penyelesaian % |
Bobot penyelesaian% |
I |
…………. |
|
|
|
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
II |
…………. |
|
|
|
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
III |
…………… |
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
Realisasi kemajuan pekerjaan minggu ini Rencana kemajuan pekerjaan minggu ini Mengalami percepatan /keterlambatan |
……………… …………….. ………………… |
……………………., 2009
Ketua Panitia Rehabilitasi Madrasah…………………..
——————–
BUKU KAS UMUM
NAMA MADRASAH :
NAMA KEGIATAN :
TAHUN ANGGARAN :
PENERIMAAN |
PENGELUARAN |
|||||||||
NO |
TGL |
URAIAN |
JUMLAH (Rp) |
NO |
TGL |
BUKTI PENGELUARAN |
URAIAN |
VOL |
HRG SAT |
JML |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
1 |
|
|
|
1 |
|
Nota/kuitansi |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
Pada hari ini Kamis tanggal 31 Desember 2009, buku Kas Umum ditutup dengan keadaan sebagai berikut :
Saldo Buku Kas Umum : Rp. 0
Saldo Bank : Rp. 0
Saldo Kas Tunai : Rp. 0
Jumlah : Rp. Nihil
Kendal, 31 desember 2009
Mengetahui Bendahara
Kepala MI…..
…………………… ……………………..
DAFTAR HADIR DAN TANDA TANGAN INSENTIF
KEGIATAN REHABILITASI RUANG KELAS BELAJAR
MI…..
Nama Kegiatan :….
Desa :
Kecamatan :
Kabupaten :
Kabupaten :
Bulan : Nopember s.d. Desember 2009
Masa Kerja : 8 Minggu/2 bulan
Minggu ke/tgl : Minggu ke 1 / 3-8 nopember 2009
NO |
NAMA |
KETERANGAN |
Tanggal |
INSENTIF |
JUMLAH |
TANDA TANGAN |
|||||||
Ka.tukang |
tukang |
pekerja |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
|||||
1 |
|
x |
|
|
X |
X |
X |
X |
X |
X |
50.000 |
300.000 |
1 |
2 |
|
|
X |
|
X |
X |
X |
X |
X |
X |
50.000 |
300.000 |
2 |
3 |
|
|
x |
|
X |
X |
X |
X |
X |
X |
50.000 |
300.000 |
3 |
4 |
|
|
|
X |
X |
X |
X |
X |
X |
X |
50.000 |
300.000 |
4 |
5 |
|
|
|
x |
X |
X |
X |
X |
X |
X |
50.000 |
300.000 |
5 |
dst |
|
|
|
x |
x |
x |
x |
x |
x |
x |
50.000 |
300.000 |
|
Mengetahui Kendal, Nopember 2009
Komite Madrasah Kepala Madrasah Bendahara
————————– ————————- ———————-
Per.No 66/PB/2005
KUITANSI/ TANDA BUKTI PENGELUARAN
Nomor : 1
Sudah terima dari : Kepala Madrasah…
Uang sejumlah : (tulis dengan huruf)
Untuk : pembelian…..
Terbilang : tulis dengan angka
Kendal, Nopember 2009
Yang berhak menerima
Tanda tangan
Meterai
Nama/stempel toko
Setuju dan lunas dibayar tgl….
Bendahara
————————
Barang / pekerjaan tersebut telah diterima /diselesaikan dengan lengkap dan baik
Pejabat yang bertanggung jawab
——————————————–
NOTA / KUITANSI DARI TOKO DI TEMPEL DISINI |
LAPORAN TERTULIS DISERTAI SOFT COPY (DISKET)
COVER MADRASAH
DAFTAR ISI
1. SURAT PEMBERITAHUAN PENERIMAAN BANTUAN KEPADA KANWIL
COPY REKENING PENERIMAAN
2. BERITA ACARA PEMILIHAN DAN PEMBENTUKAN PANITIA
3. SK KEPALA MADRASAH TENTANG PENETAPAN PANITIA BESRTA LAMPIRAN
4. SIK (SURAT IKATAN KERJA) KAMAD DENGAN KANWIL
5. RAB
6. RINCIAN RAB / BILL OF QUANTITY /BQ
7. PENGELUARAN / BELANJA
NOTA PEMBELIAN/BELANJA DARI TOKO
KUITANSI PEMBELIAN BERMETERAI DARI TOKO
SSP / SURAT SETORAN PAJAK PPn 10 % DAN PPh 1,5 %
BUKTI SETORAN PAJAK
8. DAFTAR PENERIMAAN UPAH PEKERJA
DAFTAR HADIR HARIAN/ABSENSI PEKERJA
9. FOTO BANGUNAN SAAT 0 %, 50 % DAN 100 %
10. PIAGAM PENDIRIAN MADRASAH
11. PIAGAM AKREDITASI MADRASAH
12. SERTIFIKAT TANAH
BLOCK GRAND ialah :
BOMM ialah : Bantuan Operasional Manajemen Mutu
BBE-LS ialah : Broad based Education – Life Skill
BIS ialah : Bantuan Imbal swadaya (merupakan bantuan dari pemerintah dalam bentuk uang yang diberikan langsung kepada madrasah.
Tujuan : memotivasi madrasah untuk melakukan reformasi diri (self reform) sesuai dengan prinsip-prinsip MPMBM, yaitu : focus pada mutu, pengelolaan secara jujur dan transparan, perencanaan dan penambilan keputusan secara demokratis dengan melibatkan semua warga madrasah, pemberdayaan masyarakat, an peningkatan mutu secara berkelanjutan (sustainable improvement)
Mendorong pihak madrasah untuk dapat melakukan pengelolaan madrasah secara mandiri (self manajement) berdasarkan prinsip-prinsip MPMBM
Memberikan rangsangan pada masyarakat, pemerintah daerah, dan madrasah untk meningkatkan peranserta masing-masing dalam penyelenggaraan pendidikan
Meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan melalui pemenuhan kebutuhan ruang belajar dan pemenuhan kebutuhan sarana/prasarana madrasah.
Kriterian khusus : untuk pembangunan RKB diprioritaskan pada madrasah dengan jumlah rombongan belajar lebih besar dari jumlah ruang kelas yang tersedia
Untuk pembangunan ruang laboratorium diprioritaskan pada madrasah yang sudah mempunyai peralatan dan /atau dapat menyediakan peralatan dari dana pendamping atau sumber lain
Untuk pembangunan ruang perpustakaan diprioritaskan pada madrasah yang belum memiliki ruang perpustakaan dan telah memiliki koleksi buku perpustakaan yang memadai
Rehabilitasi berat diprioritaskan pada madrasah yang kondisi madrasah atau ruang kelasnya tidak memunkinkan untuk kegiatan pembelajaran
Rahabilitasi ringan diprioritaskan pada madrasah yang tidak mampu.
Pengadaan buku perpustakaan diprioritaskan pada madrasah yang sudah memiliki ruang perpustakaan tetapi belum memiliki buku
Pengadaan alat diprioritaskan pada madrasah yang sudah memilki ruang laboratorium tetapi belum memiliki ruang laboratorium tetapi belum memiliki alat laboratorium
Pengadaan meubeler diprioritaskan pada madrasah yang sudah memiliki ruang kelas/perpustakaan tetapi belum memiliki buku, memiliki guru yang memnuhi syarat untuk setiap mata pelajaran.
USB ialah : Unit Sekolah Baru
KSPBK ialah : kurikulum dan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi
APK ialah : Angka Partisipasi
APM ialah : Angka Partisipasi Murni
SKL ialah : Standar Kelulusan
RAPBM ialah :Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Madrasah
UPM ialah : Unit Pengaduan Masyarakat
mohon izin saya cofy contoh SPJ nya
monggo
AFWAN YA …………..
FORMATNYA DAH BAGUS CUMA ADA KATA YANG SALAH YAITu KATA ” BLOCK GRAND”
YANG BENAR ADALAH “BLOCK GRANT”
SEKIAN MOGA BERMANFAAT.TERIMAKASIH
wah bagus contoh laporannya, bisa buat referensi rekan yang membutuhkan trims wslm
mohon ijin copy
numpang kopy gan..
Ust, terima kasih dah beri kesempatan tuk copy spj nya. aris di singkil
assss….. mau coco bangun juga ne,,,,, mohon ijin copi spj ya juga ya…….wasallam